Penerima Tamu Restoran/Lounge/Kedai Kopi
Hosts and Hostesses, Restaurant, Lounge, and Coffee Shop
menyambut tamu, mengajak mereka ke meja atau lounge, dan membantu mereka untuk memastikan kualitas fasilitas dan layanan.
Contoh jabatan yang dilaporkan: Buffet Hostess, Koordinator Ruang Makan, Teller Umum, Penyambut Tamu, Koordinator Keramahtamahan, Host, Koordinator Host, Hostess, Maitre D' (Maitre d'hôtel), Penempat Tamu.
Tasks
Menampilkan 10 dari 20 Tasks
-
Memberikan menu kepada para tamu
core 94.0%
-
Menyambut dan mengantar tamu ke meja atau area tunggu.
core 92.0%
-
Menjaga komunikasi dengan staf dapur, manjemen, pramusaji dan pelanggan untuk memastikan semua detail pelayanan makan ditangani dengan baik dan menanggapi keluhan pelanggan.
core 90.0%
-
Menempatkan tamu di meja yang sesuai dengan keinginan mereka dan sesuai dengan giliran, agar setiap pramusaji menerima jumlah tamu yang simbang.
core 86.0%
-
Berbicara dengan tamu untuk memastikan kepuasan terhadap makanan dan pelayanan, menanggapi keluhan, atau mengobrol.
core 84.0%
-
Memeriksa area makan dan penyajian untuk memastikan kebersihan dan penataan yang sesuai.
core 83.0%
-
Mengoperasikan mesin kasir untuk menerima pembayaran makanan dan minuman.
supplemental 83.0%
-
Mengawasi dan mengoordinasikan aktivitas staf ruang makan untuk memastikan bahwa tamu menerima pelayanan yang cepat dan ramah.
core 82.0%
-
Menjawab panggilan telepon dan merespons pertanyaan atau mengalihkan panggilan.
core 82.0%
-
Membantu pekerja restoran lainnya dengan menyajikan makanan dan minuman, atau membersihkan meja.
core 81.0%
-
Memeriksa kebersihan kamar mandi dan ketersediaan perlengkapan, serta membersihkannya jika diperlukan.
core 80.0%
-
Mengarahkan tamu ke ruang penitipan mantel dan area tunggu, seperti lounge.
supplemental 79.0%
-
Menyiapkan tanda terima kas setelah restoran tutup, dan melakukan setoran ke bank.
supplemental 78.0%
-
Menerima dan menyiapkan pesanan untuk dibawa pulang.
core 77.0%
-
Memberi tahu tamu tentang hidangan spesial dan keunggulan restoran.
core 74.0%
-
Menerima dan mencatat reservasi makan dari tamu.
core 73.0%
-
Memesan atau mengajukan permintaan persediaan dan peralatan untuk meja dan area penyajian.
supplemental 64.0%
-
Merekrut, melatih, dan mengawasi staf pelayanan makanan dan minuman.
supplemental 61.0%
-
Berkoordinasi dengan staf lain untuk membantu merencanakan menu restoran.
supplemental 61.0%
-
Melakukan layanan pemasaran dan periklanan.
supplemental 49.0%
Work Activities
Menampilkan 10 dari 40 Work Activities
-
Mengoperasikan Kendaraan, Perangkat Mekanis, atau Peralatan - Menjalankan, mengendalikan, menavigasi, atau mengemudikan kendaraan maupun peralatan mekanis, seperti forklift, kendaraan penumpang, pesawat terbang, atau kapal.
9.0%
-
Membangun dan Memelihara Hubungan Interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, serta menjaganya secara berkelanjutan.
74.0%
-
Mengumpulkan Informasi - Mengamati, menerima, dan memperoleh informasi dari semua sumber yang relevan.
72.0%
-
Menilai Kualitas Objek, Layanan, atau Orang - Mengevaluasi nilai, pentingnya, atau mutu dari suatu hal maupun individu.
68.0%
-
Melakukan Aktivitas Fisik Umum - Melaksanakan berbagai aktivitas fisik yang memerlukan penggunaan intensif tangan dan kaki serta pergerakan seluruh tubuh, seperti memanjat, mengangkat, menjaga keseimbangan, berjalan, membungkuk, dan menangani material.
68.0%
-
Mengidentifikasi Objek, Tindakan, dan Peristiwa - Menentukan informasi dengan cara mengategorikan, memperkirakan, mengenali perbedaan atau kesamaan, serta mendeteksi perubahan dalam situasi atau peristiwa.
67.0%
-
Memantau Proses, Material, atau Lingkungan - Mengawasi dan meninjau informasi dari material, peristiwa, atau lingkungan untuk mendeteksi atau menilai adanya masalah.
65.0%
-
Tampil di Hadapan atau Bekerja Langsung dengan Publik - Melakukan pertunjukan bagi masyarakat atau berinteraksi langsung dengan publik, termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko, serta menerima klien atau tamu.
65.0%
-
Menyelesaikan Konflik dan Bernegosiasi dengan Orang Lain - Menangani keluhan, menyelesaikan perselisihan, dan meredakan perbedaan atau konflik, serta melakukan negosiasi dengan pihak lain.
65.0%
-
Memeriksa Peralatan, Struktur, atau Material - Melakukan inspeksi terhadap peralatan, struktur, atau material untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan, masalah, atau cacat.
61.0%
-
Membantu dan Merawat Orang Lain - Memberikan bantuan pribadi, perhatian medis, dukungan emosional, atau perawatan personal lainnya kepada orang lain seperti rekan kerja, pelanggan, atau pasien.
58.0%
-
Menangani dan Memindahkan Objek - Menggunakan tangan dan lengan untuk menangani, memasang, menempatkan, serta memindahkan material, dan memanipulasi benda.
56.0%
-
Membuat Keputusan dan Memecahkan Masalah - Menganalisis informasi serta mengevaluasi hasil untuk memilih solusi terbaik dan menyelesaikan permasalahan.
55.0%
-
Berkomunikasi dengan Atasan, Rekan, atau Bawahan - Menyampaikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, tulisan, e-mail, atau secara langsung.
54.0%
-
Mengkoordinasikan Pekerjaan dan Aktivitas Orang Lain - Mengarahkan anggota kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
54.0%
-
Mengestimasi Karakteristik Kuantitatif Produk, Peristiwa, atau Informasi - Memperkirakan ukuran, jarak, dan jumlah; atau menentukan waktu, biaya, sumber daya, maupun material yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan kerja.
53.0%
-
Berkomunikasi dengan Pihak di Luar Organisasi - Melakukan komunikasi dengan pihak luar organisasi serta mewakili organisasi kepada pelanggan, masyarakat, pemerintah, dan sumber eksternal lainnya. Informasi ini dapat disampaikan secara langsung, tertulis, melalui telepon, atau e-mail.
46.0%
-
Mengorganisasi, Merencanakan, dan Memprioritaskan Pekerjaan - Menyusun tujuan dan rencana yang spesifik untuk memprioritaskan, mengatur, serta menyelesaikan pekerjaan.
46.0%
-
Melatih dan Mengembangkan Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan orang lain serta memberikan pelatihan, pendampingan, atau bantuan untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilannya.
45.0%
-
Mengendalikan Mesin dan Proses - Menggunakan mekanisme kontrol atau aktivitas fisik langsung untuk mengoperasikan mesin atau proses (tidak termasuk komputer atau kendaraan).
44.0%
-
Mengolah Informasi - Mengompilasi, mengodekan, mengategorikan, menghitung, menabulasikan, mengaudit, atau memverifikasi informasi maupun data.
44.0%
-
Menjual atau Mempengaruhi Orang Lain - Meyakinkan orang lain untuk membeli barang atau produk, atau mengubah pandangan maupun tindakannya.
44.0%
-
Melatih dan Mengajar Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan orang lain, menyusun program atau kelas pelatihan formal, serta memberikan pengajaran atau instruksi.
44.0%
-
Mengembangkan dan Membangun Tim - Mendorong serta menumbuhkan rasa saling percaya, menghargai, dan bekerja sama di antara anggota tim.
42.0%
-
Mendokumentasikan/Mencatat Informasi - Memasukkan, menyalin, merekam, menyimpan, atau memelihara informasi dalam bentuk tertulis maupun elektronik/magnetik.
40.0%
-
Mengevaluasi Informasi untuk Menentukan Kepatuhan terhadap Standar - Menggunakan informasi yang relevan serta pertimbangan pribadi untuk menilai apakah suatu peristiwa atau proses telah sesuai dengan hukum, peraturan, atau standar yang berlaku.
40.0%
-
Menganalisis Data atau Informasi - Mengidentifikasi prinsip, alasan, atau fakta yang mendasarinya dengan memecah informasi atau data ke dalam bagian-bagian terpisah.
39.0%
-
Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang Relevan - Selalu mengikuti perkembangan terbaru secara teknis dan menerapkan pengetahuan baru dalam pekerjaan.
39.0%
-
Memantau dan Mengendalikan Sumber Daya - Mengawasi serta mengendalikan penggunaan sumber daya dan pengeluaran dana.
36.0%
-
Menafsirkan Makna Informasi bagi Orang Lain - Menerjemahkan atau menjelaskan arti suatu informasi serta bagaimana informasi tersebut dapat digunakan.
31.0%
-
Membimbing, Mengarahkan, dan Memotivasi Bawahan - Memberikan arahan dan tuntunan kepada bawahan, termasuk menetapkan standar kinerja serta memantau pencapaiannya.
30.0%
-
Mengembangkan Tujuan dan Strategi - Menetapkan tujuan jangka panjang serta merumuskan strategi dan langkah-langkah untuk mencapainya.
29.0%
-
Memberikan Konsultasi dan Nasihat kepada Orang Lain - Menyampaikan arahan dan saran ahli kepada manajemen atau kelompok lain mengenai topik yang berkaitan dengan teknis, sistem, atau proses.
29.0%
-
Berpikir Kreatif - Mengembangkan, merancang, atau menciptakan aplikasi, ide, hubungan, sistem, atau produk baru, termasuk kontribusi dalam bidang seni.
29.0%
-
Bekerja dengan Komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak) untuk melakukan pemrograman, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau mengolah informasi.
27.0%
-
Menjadwalkan Pekerjaan dan Aktivitas - Menyusun jadwal acara, program, dan kegiatan, serta mengatur jadwal pekerjaan orang lain.
25.0%
-
Mengelola Personalia dalam Unit Organisasi - Merekrut, mewawancarai, menyeleksi, mempekerjakan, serta mempromosikan karyawan dalam suatu organisasi.
23.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Elektronik - Melakukan servis, perbaikan, kalibrasi, pengaturan, penyetelan, atau pengujian terhadap mesin, perangkat, dan peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip listrik atau elektronik (bukan mekanis).
19.0%
-
Melaksanakan Kegiatan Administratif - Menjalankan tugas administratif sehari-hari seperti mengelola arsip informasi dan memproses dokumen.
16.0%
-
Menyusun, Merancang, dan Menentukan Perangkat, Bagian, serta Peralatan Teknis - Menyediakan dokumentasi, instruksi terperinci, gambar, atau spesifikasi untuk menjelaskan kepada orang lain bagaimana perangkat, bagian, peralatan, atau struktur harus dibuat, dibangun, dirakit, dimodifikasi, dipelihara, atau digunakan.
14.0%
Detailed Work Activities
Menampilkan 10 dari 19 Detailed Work Activities
- Menyajikan informasi makanan atau minuman serta menu kepada pelanggan.
- Membantu pelanggan dalam pengaturan tempat duduk.
- Menyampaikan rincian pesanan kepada staf dapur.
- Berkomunikasi dengan pelanggan untuk menyelesaikan keluhan atau memastikan kepuasan mereka.
- Memeriksa fasilitas, peralatan, atau persediaan untuk memastikan kesesuaian dengan standar.
- Mengoperasikan mesin kasir.
- Memproses tagihan atau pembayaran pelanggan.
- Memberikan informasi umum atau bantuan kepada pelanggan.
- Mengoordinasikan aktivitas staf layanan makanan.
- Membantu koki atau katering dalam persiapan makanan atau minuman.
- Mencatat data operasional atau data produksi.
- Mengemas makanan atau persediaan.
- Menerima pesanan pelanggan.
- Jadwalkan reservasi makan.
- Memesan bahan, perlengkapan, atau peralatan.
- Melaksanakan aktivitas sumber daya manusia.
- Rencanakan pilihan menu.
- Melatih personel dalam persiapan makanan atau pelayanan makanan.
- Mengelola operasional layanan makanan atau bagian dari operasional tersebut.
Skills
Menampilkan 10 dari 23 Skills
-
Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
63.0%
-
Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
53.0%
-
Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
53.0%
-
Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
50.0%
-
Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
47.0%
-
Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
47.0%
-
Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
47.0%
-
Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
44.0%
-
Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
41.0%
-
Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
41.0%
-
Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
41.0%
-
Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
41.0%
-
Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
35.0%
-
Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
28.0%
-
Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
28.0%
-
Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
25.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
25.0%
-
Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
25.0%
-
Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
25.0%
-
Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
22.0%
-
Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
22.0%
-
Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
22.0%
-
Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
19.0%
Knowledge
Menampilkan 10 dari 24 Knowledge
-
Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
88.0%
-
Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
67.0%
-
Produksi Pangan - Pengetahuan tentang teknik dan peralatan untuk menanam, membudidayakan, serta memanen produk pangan (baik nabati maupun hewani) untuk konsumsi, termasuk teknik penyimpanan dan penanganannya.
50.0%
-
Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
37.0%
-
Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
36.0%
-
Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
36.0%
-
Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
36.0%
-
Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
34.0%
-
Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
34.0%
-
Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
34.0%
-
Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
32.0%
-
Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
31.0%
-
Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
30.0%
-
Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
30.0%
-
Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
26.0%
-
Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
23.0%
-
Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
22.0%
-
Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
22.0%
-
Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
17.0%
-
Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
14.0%
-
Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
14.0%
-
Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
12.0%
-
Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
12.0%
-
Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
11.0%
Abilities
Menampilkan 10 dari 39 Abilities
-
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
75.0%
-
Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
6.0%
-
Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
6.0%
-
Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
56.0%
-
Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
53.0%
-
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
50.0%
-
Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
50.0%
-
Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
50.0%
-
Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
50.0%
-
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
50.0%
-
Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
47.0%
-
Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
47.0%
-
Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
47.0%
-
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
35.0%
-
Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
28.0%
-
Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
28.0%
-
Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
28.0%
-
Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
28.0%
-
Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
28.0%
-
Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
28.0%
-
Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
25.0%
-
Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
25.0%
-
Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
25.0%
-
Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
25.0%
-
Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
25.0%
-
Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
25.0%
-
Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
25.0%
-
Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
25.0%
-
Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
25.0%
-
Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
25.0%
-
Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
22.0%
-
Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
22.0%
-
Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
22.0%
-
Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
22.0%
-
Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
22.0%
-
Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
22.0%
-
Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
19.0%
-
Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
13.0%
-
Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
10.0%
Interests
Menampilkan 3 dari 5 Interests
-
Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
70.0%
-
Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
53.0%
-
Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
47.0%
-
Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
39.0%
-
Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
13.0%
Work Styles
Menampilkan 3 dari 15 Work Styles
-
Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
83.0%
-
Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
80.0%
-
Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
78.0%
-
Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
78.0%
-
Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
73.0%
-
Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
73.0%
-
Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
73.0%
-
Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
70.0%
-
Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
68.0%
-
Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
67.0%
-
Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
66.0%
-
Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
62.0%
-
Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
53.0%
-
Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
51.0%
-
Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
49.0%